Cara Mengatasi Lupa Atau Kehilangan Efins

Cara Mengatasi Lupa Atau Kehilangan Efins

Dalam melaporkan SPT Pajak Tahunan PPh, pemerintah giat sekali memberikan layanan yang dapat diakses dengan sangat mudah dan cepat oleh masyarakat, baik itu secara manual dengan datang langsung ke kantor pajak atau dengan cara online melalui efiling.

Khusus bagi WP yang memilih untuk melaporkan SPT Tahunan secara online tidak menutup kemungkinan bila Anda melupakan atau menghilangkan efin yakni nomor registrasi yang biasa digunakan untuk mengakses efiling. Lantas, masih  bisakah mengakses efiling saat melupakan atau menghilangkan efin?

Tidak perlu khawatir tidak bisa melaporkan SPT Tahunan PPh badan karena Anda melupakan efin perusahaan karena ada solusi yang bisa mengatasi masalah tersebut ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Masuk Ke Halaman Web DJP

Saat akan melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh badan, hal pertama yang akan dilakukan adalah masuk ke halaman web resmi DJP, setelah masuk akan muncul fitur login/daftar, Anda bisa memilih mau login atau daftar, jika sudah memiliki akun, tapi lupa password maka Anda bisa memilih lupa password untuk melakukan reset password. Setelah berhasil masuk ke halaman efiling, Anda diwajibkan untuk mengisi beberapa kolom kosong, seperti NPWP, efin dan alamat email serta kode keamanan di form yang tersedia lalu klik submit.

Hubungi Call Center DJP

Tahap pertama akan berjalan dengan mulus apabila Anda tidak menghilangan atau melupakan nomor efin, untuk mendapatkan nomor efin Anda bisa menghubungi call center DJP, setelah terhubung sebutkan nama Anda, nomor NPWP dan juga KTP.

Datang Ke Kantor KPP

Bila cara kedua belum bisa membantu, maka datangi saja langsung kantor KPP, Anda bisa melaporkan kehilangan efin atau lupa efin, sayangnya tahapan ini harus dilakukan mandiri, Anda tidak bisa meminta orang lain untuk melaporkan lupa atau kehilangan efin.

Tunggu Email Balasan

Petugas pajak akan melihat data Anda, bila hasilnya positif maka Anda hanya perlu menunggu email balasan dari petugas pajak berupa link lupa password. Klik link perubahan untuk merubah password akun DJP oline.

Buat Password Baru

Rubah password lama dengan memakai password baru jangan lupa konfirmasi password dan kode keamanan lalu klik save. Setelah selesai dengan tahapan ini, otomatis akun DJP online sudah aktif lagi dan bisa digunakan seperti biasa.

Sumber: smconsult

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *