Maraknya Bisnis Properti Syariah

kebun-kurma-di-indonesiaBeberapa tahun terakhir ini property syariah makin diminati. Ini adalah salah satu indikasi bahwa banyak umat islam di Indonesia yang sadar akan dosa riba. Bukan hanya itu, selain menghindari riba, alasan lain property syariah menjadi pilihan adalah karena terdapat banyak fasilitas islami di dalamnya.

Memang tidak semua property syariah dilengkapi dengan fasilitas islami, ada beberapa developer yang hanya menerapkan sistem kepemilikan secara syariah saja tanpa menambahkan konsep islami. Biasanya yang seperti ini adalah developer yang hijrah dari sistem ribawi ke sistem syariah.

Developer yang baru hijrah umumnya adalah developer property di bidang perumahan, apartemen, kos-kosan, ataupun bangunan lainnya. Sementara untuk kavling kebun buah-buahan karena tergolong baru dan dimulai dari nol, maka sejak awal sudah dirancang untuk dilengkapi dengan fasilitas islami.

Semua developer property syariah khusus kavling kebun buah-buahan mengandalkan konsep yang sangat jitu untuk menaikkan nilai tanahnya, yaitu konsep wisata perkebunan atau disebut dengan agrowisata. Dibanding dengan perkebunan biasa, agrowisata memiliki daya tarik sendiri untuk penggemar buah-buahan ataupun wisatawan umum. Konsep agrowisata inilah yang bisa menaikkan harga tanah dengan cepat pada kavling tersebut dan tentunya tanah di sekitarnyapun ikut naik.

Bagi Anda yang membeli property syariah untuk tujuan investasi maka disarankan untuk memilih kavling kebun buah-buahan. Karena Anda akan mendapatkan double keuntungan. Keuntungan dari nilai tanah yang terus naik dengan cepat serta keuntungan dari hasil panen buah-buahan yang ditanam di kavling, atau disebut dengan kavling buah produktif.

Saat ini ada beberapa pilihan kavling buah produktif yang dikembangkan oleh beberapa developer property syariah, diantaranya kavling durian, kavling buah naga, kavling kelengkeng, dan yang paling unik dan mempunyai daya tarik tersendiri adalah kavling kurma.

Mengapa kavling kurma disebut unik dan mempunyai daya tarik?

Karena kurma adalah buah yang tidak umum ditanam di Indonesia, dan orang-orang selalu penasaran apakah kurma bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia atau tidak. Sehingga jika ada agrowisata kebun kurma maka hal tersebut akan menjadi fenomena menarik.

Beberapa waktu lalu developer yang mencetuskan kavling kurma, yakni PT. Kampoeng Kurma (kampung kurma) menyelenggarakan event yang bertema bagaimana memaksimalkan profit dari agribisnis kurma. Event tersebut dihadiri oleh 2 orang pembicara. Yang pertama adalah Mr.Biju MG dari laboratorium kurma Al-Rajhi, Riyadh – Arab Saudi. Kemudian yang kedua adalah Ir. Imam Syafii, seorang penggiat tanaman kurma.

Ir. Imam Syafii telah mebuktikan bahwa kurma bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia. Dari kultur jaringan yang diterapkannya, terbukti menghasilkan kurma yang begitu lebat dan rasanyapun manis.

Pihak kampung kurma pun sebenarnya telah melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengembangkan kavling kampung kurma. Dan menemukan bahwa jenis kurma yang cocok di tanam di Indonesia adalah kurma tropis yakni jenis KL-1 dan barhee.

Kl-1 adalah termasuk jenis kurma unggulan yang ditemukan oleh Mr. Kolak dari Thailand. Di Thailand kurma KL-1 bisa berbuah hingga mencapai 300kg per tahun perpohon. Dan karena Indonesia beriklim sama dengan Thailand yakni tropis maka kurma ini sangat cocok ditanam di Indoneisa. Bahkan menurut Mr. Kolak saat berkunjung di Indonesia, kemungkinan berbuahnya bisa lebih banyak dengan kondisi tanah yang ada di Indonesia.

Harga kurma di pasaran saat ini adalah Rp.350.000/kg untuk kurma ruthob (kurma segar). Maka apabila dari 1 pohon bisa berbuah 100kg saja pertahun, Anda bisa hitung sendiri berapa potensi penghasilan dari 1 pohon kurma tersebut. Bagaimana kalau 5 pohon, 10 pohon, dan seterusnya.

Dari berbagai hal tersebut dapat disimpulkan bahwa memilih kavling kurma di kawasan agrowisata sangat cocok untuk investasi Anda. Kavlingnya produktif, nilai tanahnya akan cepat naik, buahnya unik dan menarik, serta hasil panennya bisa mendatangkan passive income yang cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *